Sumber Asam Folat, Berikut 10 Makanan Sehatnya!

Sumber Asam Folat, Berikut 10 Makanan Sehatnya!

Sumber Asam Folat – Asam folat adalah vitamin B yang larut dalam air. Asam folat penting untuk kesehatan tubuh, terutama bagi wanita hamil. Asam folat membantu mencegah cacat lahir, seperti spina bifida dan anensefali.

Asam folat juga penting untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf. Asam folat juga dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Untuk orang dewasa, asam folat harian adalah 400 mikrogram. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan asam folat sebanyak 600 mikrogram.

Terbuka di jendela baru www.hhtyb02.com

Asam folat dapat diperoleh dari makanan atau suplemen. Berikut adalah 10 makanan yang kaya akan asam folat:

  1. Kacang-kacangan : Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang lentil, dan kacang polong, merupakan sumber asam folat yang baik. Satu cangkir kacang merah matang mengandung sekitar 190 mikrogram asam folat.
  2. Sayuran berdaun hijau : Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan brokoli, juga merupakan sumber asam folat yang baik. Satu cangkir bayam matang mengandung sekitar 180 mikrogram asam folat.
  3. Jeruk : Jeruk dan buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali dan lemon, juga merupakan sumber asam folat yang baik. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 50 mikrogram asam folat.
  4. Alpukat : Alpukat merupakan sumber asam folat yang baik. Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 70 mikrogram asam folat.
  5. Telur : Kuning telur merupakan sumber asam folat yang baik. Satu butir telur mengandung sekitar 25 mikrogram asam folat.
  6. Daging sapi : Daging sapi, terutama daging sapi giling, merupakan sumber asam folat yang baik. Satu porsi daging sapi giling 100 gram mengandung sekitar 60 mikrogram asam folat.
  7. Hati ayam : Hati ayam merupakan sumber asam folat yang baik. Satu porsi hati ayam 100 gram mengandung sekitar 100 mikrogram asam folat.
  8. Kembang kol : Kembang kol merupakan sumber asam folat yang baik. Satu cangkir kembang kol matang mengandung sekitar 100 mikrogram asam folat.
  9. Jamur : Jamur merupakan sumber asam folat yang baik. Satu cangkir jamur portobello matang mengandung sekitar 150 mikrogram asam folat.
  10. Kacang-kacangan : Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang almond, dan kacang mete, juga merupakan sumber asam folat yang baik. Satu ons kacang tanah mengandung sekitar 100 mikrogram asam folat.

Untuk mendapatkan asam folat yang cukup, Anda disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan asam folat. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen asam folat, terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan asupan asam folat:

  • Tambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalam oatmeal, salad, atau yogurt.
  • Buat jus sayuran berdaun hijau.
  • Tambahkan alpukat atau telur ke dalam sandwich atau telur dadar.
  • Masak dengan daging sapi giling atau hati ayam.
  • Tambahkan kembang kol atau jamur ke dalam sup atau tumisan.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat dari Sumber Asam Folat

Asam folat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Membantu mencegah cacat lahir : Asam folat sangat penting untuk mencegah cacat lahir, seperti spina bifida dan anensefali. Spina bifida adalah cacat lahir yang menyebabkan tulang belakang tidak menutup sempurna. Anensefali adalah cacat lahir yang menyebabkan otak tidak berkembang sempurna.
  • Menjaga kesehatan jantung : Asam folat dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar homosistein. Asam amino yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung adalah homosistein.
  • Menjaga kesehatan otak : Asam folat dapat membantu menjaga kesehatan otak dengan meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.
  • Menjaga kesehatan sistem saraf : Asam folat dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf dengan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan.
  • Membantu mengurangi risiko kanker : Asam folat dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu, seperti kanker kolorektal, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

Asam folat adalah vitamin penting yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan asam folat yang cukup, Anda disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan asam folat. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen asam folat, terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Baca Juga : Penyakit Tension Headache, Sakit Kepala yang Sering Diremehkan di 2023

Efek Samping dari Sumber Asam Folat

Asam folat umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, konsumsi asam folat yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  • Kembung
  • Diare
  • Mual
  • Kehilangan nafsu makan

Jika Anda mengalami efek samping ini, hentikan konsumsi asam folat dan konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *