5 Manfaat Berhubungan Seks untuk Kesehatan

5 Manfaat Berhubungan Seks untuk Kesehatan

Manfaat Berhubungan Seks – Selain untuk tujuan reproduksi, berhubungan seksual secara teratur juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Manfaat-manfaat tersebut telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah.

Terbuka di jendela baru www.linfenfj.com/

Ada 5 manfaat berhubungan seks untuk kesehatan berikut ini, antara lain :

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Berhubungan seks dapat meningkatkan kadar imunoglobulin A (IgA) dalam tubuh. IgA adalah antibodi yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa orang yang berhubungan seks secara teratur memiliki kadar IgA yang lebih tinggi daripada orang yang tidak berhubungan seks.

2. Menenangkan pikiran dan mengurangi stres

Berhubungan seks dapat melepaskan hormon oksitosin, dopamin, dan endorfin. Hormon-hormon ini memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menemukan bahwa orang yang manfaat berhubungan seks secara teratur memiliki tingkat stres yang lebih rendah daripada orang yang tidak berhubungan seks.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Berhubungan seks dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini karena manfaat berhubungan seks dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan bahwa orang yang berhubungan seks secara teratur memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada orang yang tidak berhubungan seks.

4. Membakar kalori

Berhubungan seks dapat membakar kalori, meskipun jumlah kalori yang terbakar tidak sebanyak olahraga berat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa hubungan seks selama 30 menit dapat membakar sekitar 200-300 kalori.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Berhubungan seks secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena manfaat berhubungan seks dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk jantung. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Cardiology menemukan bahwa pria yang berhubungan seks secara teratur memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada pria yang tidak berhubungan seks.

Selain 5 manfaat di atas, berhubungan seks juga dapat bermanfaat untuk:

  1. Meningkatkan libido
  2. Mencegah kanker prostat
  3. Mengurangi rasa sakit
  4. Mempererat hubungan dengan pasangan

Berhubungan seks secara teratur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Namun, penting untuk melakukan hubungan seks secara aman dan bertanggung jawab.

Manfaat Berhubungan Seks untuk Kesehatan Fisik

Berhubungan seks secara teratur memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik, antara lain:

  • Meningkatkan libido : Berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan libido, atau gairah seksual. Hal ini karena manfaat berhubungan seks dapat melepaskan hormon oksitosin, dopamin, dan endorfin. Hormon-hormon ini memiliki efek meningkatkan gairah seksual.
  • Mencegah kanker prostat : Manfaat berhubungan seks secara teratur dapat menurunkan risiko kanker prostat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal European Urology menemukan bahwa pria yang berhubungan seks secara teratur memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah daripada pria yang tidak berhubungan seks. Berhubungan seks secara teratur dapat membantu mencegah kanker prostat dengan mengurangi kadar PSA (prostate-specific antigen) dalam darah. Protein yang dihasilkan oleh kelenjar prostat adalah PSA. Kadar PSA yang tinggi dapat menjadi tanda kanker prostat.
  • Mengurangi rasa sakit : Berhubungan seks dapat membantu mengurangi rasa sakit, terutama pada wanita yang mengalami nyeri haid atau nyeri kronis. Hal ini karena berhubungan seks dapat melepaskan hormon oksitosin dan endorfin. Hormon-hormon ini memiliki efek analgesik, atau pereda nyeri.
  • Mempererat hubungan dengan pasangan : Berhubungan seks secara teratur dapat membantu mempererat hubungan dengan pasangan. Hal ini karena berhubungan seks dapat meningkatkan keintiman dan kepuasan dalam hubungan. Berhubungan seks dapat menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pasangan dan mengungkapkan cinta dan kasih sayang.

Baca Juga : 10 Jenis Makanan Penumpas Kanker

Manfaat Berhubungan Seks untuk Kesehatan Mental

Berhubungan seks secara teratur juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental, antara lain:

  1. Meningkatkan mood : Berhubungan seks dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Hal ini karena manfaat berhubungan seks dapat melepaskan hormon oksitosin, dopamin, dan endorfin. Hormon-hormon ini memiliki efek meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri : Berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini karena manfaat berhubungan seks dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri dan kemampuan Anda.
  3. Meningkatkan kualitas hidup : Berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan kualitas hidup. Hal ini karena manfaat berhubungan seks dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Pentingnya Manfaat Berhubungan Seks Secara Aman

Meskipun berhubungan seks memiliki berbagai manfaat berhubungan seks untuk kesehatan, penting untuk melakukan hubungan seks secara aman dan bertanggung jawab. Hal ini untuk mencegah berbagai risiko kesehatan, seperti penyakit menular seksual (PMS) dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan hubungan seks secara aman:

  • Gunakan kondom setiap kali berhubungan seks.
  • Lakukan tes PMS secara rutin.
  • Bersikaplah jujur dan terbuka dengan pasangan tentang status kesehatan Anda.
  • Jika Anda tidak ingin hamil, gunakan alat kontrasepsi yang efektif.

Berhubungan seks secara aman adalah kunci untuk menikmati manfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *